div.fullpost {display:inline;}

12 Nov 2009

Flora- Fauna

Secara keseluruhan keanekaragaman hayati di area studi digambarkan dengan terdapatnya 71 Jenis Tumbuhan yang termasuk dalam 33 Familia; dan 31 Jenis Fauna yang termasuk dalam 5 Kelas. Jenis–jenis tersebut tersebar pada 4 Unit Pengamatan (I, II, III, IV) pada 2 Zona Ekologi di sebelah Selatan dan Utara Sungai Mempawah.

Pada zona di sebelah Selatan sungai Mempawah terdapat 30 jenis tumbuhan di Unit Pengamatan I dan 47 di Unit Pengamatan II. Di kedua Unit ini menunjukkan kecenderungan terdapatnya vegetasi tingkat semai dan tumbuhan bawah yang lebih banyak dibanding pohon. Fauna yang dijumpai di zona ini sebanyak 15 jenis di Unit Pengamatan I dan 22 jenis di Unit Pengamatan II.

Pada zona di sebelah Utara sungai Mempawah terdapat 48 jenis tumbuhan di Unit Pengamatan IV dan 24 di Unit Pengamatan III. Di kedua Unit ini menunjukkan kecenderungan terdapatnya vegetasi tingkat Pohon yang lebih banyak dibanding semai dan tumbuhan bawah. Fauna yang dijumpai di zona ini sebanyak 19 jenis di Unit Pengamatan IV dan 10 jenis di Unit Pengamatan III.


Di antara tumbuhan dan fauna yang ditemukan tersebut terdapat jenis-jenis yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No.7 tahun 1999 tanggal 27 Januari 1999, yaitu : Kantong Semar (Nepenthes) di Unit Pengamatan I dan II; Raja Udang Erasia (Alcedo atthis) di Unit Pengamatan II dan IV; Raja Udang Meninting (Alcedinidae sp.) di Unit Pengamatan IV; Trinil Tutul (Tringa erythopus) di Unit Pengamatan III.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda