div.fullpost {display:inline;}

12 Nov 2009

Sungai Mempawah Menjadi Objek Pariwisata

Terutama bagi yang hobby memancing, apalagi berbagai jenis ikan air tawar dan udang galah sangat mudah di dapat di aliran Sungai Mempawah. Apalagi didukung potensi wisata lainnya, seperti Pantai Kijing, Pulau Temajo, Pantai Penibung, Keraton Amantubillah, Makam daeng Manambon, serta acara festival budaya seperti robo-robo.

Kita akan melirik Sungai Mempawah menjadi daerah tujuan wisata. Kita lihat banyak orang datang dari luar Kabupaten Pontianak datang untuk memancing di Sungai

Mempawah. Bahkan masyarakat yang berada di pinggiran sungai, juga mendapat keuntungan dengan menyewakan sampan-sampan mereka kepada para pemancing. Untuk itu, potensi seperti ini, harus digarap secara optimal," katTidak sedikit penduduk yang memiliki hobby sekaligus menjadikan pekerjaan sehari-hari dari memancing, kondisi alam yang masih asli, suara burung, membuat perasaan dan pikiran menjadi segar.

"Di perhuluan sungai daerah tenang, udara membuat kita betah berlama-lama disana.
Tapi dirinya sangat menyayangkan, kondisi Sungai Mempawah saat ini sudah mulai tercemar.

Disebabkan adanya aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI), apalagi masyarakat menangkap ikan dan udang dengan tuba, semakin merusak habitat hidup diperairan, bahkan bisa memutus rantai kehidupan habitat perairan tersebut.

Sekarang " kondisi Sungai Mempawah " tidak seperti dulu, kondisi perairan sudah mulai tercemar, maka kita minta adanya kesadaran bersama menjaga kelesatrian Sungai Mempawah.

Mengenai Sungai Mempawah menjadi objek wisata harus dijadikan paket wisata menyusuri Sungai Mempawah, serta legenda berdirinya kerajaan Mempawah.

Dikembangkannya objek wisata Sungai Mempawah, tentunya akan memberikan kontribusi PAD, serta membuka peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Apalagi dibangun warung-warung terapung di tepian Sungai Mempawah, seperti di Jembatan Kuning Mempawah.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda